Senin, 11 Mei 2015

FKIP CELEBRATION


FKIP CELEBRATION adalah event terbesar FKIP Universitas Riau yang ditaja oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau dalam usaha peningkatan kualitas pendidikan dan karakter bangsa melalui agenda kompetisi pendidikan dan seni. Ada beberapa cabang lomba yang kami adakan, yaitu :

1. LKTI(Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional)
Tema : “Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Indonesia Menuju Generasi Emas”.
Sub tema
a.Akulturasi unsur budaya dalam proses pembelajaran (formal/non formal)
b. Strategi penanaman nilai karakter dalam proses pembelajaran (formal/non formal)
c.Pemanfaatan iptek dalam pembelajaran di sekolah
d. Inovasi pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan untuk siswa berkebutuhan khusus

Persyaratan Peserta
1. Peserta harus terdaftar sebagai Mahasiswa aktif Diploma atau S1 se-Indonesia dan dibuktikan dengan fotocopy kartu tanda Mahasiswa.
2. Formulir pendaftaran dapat diambil di sekretariat BEM FKIP Universitas Riau, atau dapat didownload di https://docs.google.com/file/d/0B_vekGCN27uoWWtvaHRVV21qZUk/edit
3. Peserta masih berstatus Mahasiswa pada saat presentasi grand final.
4. Peserta individu/kelompok dengan maksimal 3 (tiga) orang tiap kelompoknya
5. Anggota kelompok harus berasal dari universitas yang sama
6. Registrasi peserta sebesar Rp. 50.000,- , dikirim ke rekening 0275778725 (BNI) (a.n Putri Flamonia)

Ketentuan Lomba
1. Peserta wajib mengirimkan karyanya terakhir tanggal 13 Mei 2015 pukul 21.00. Karya tulis dikirim dalam bentuk softcopy dengan ketentuan sebagai berikut:
- Dikirim dalam format PDF melalui email badan.eksekutif.mahasiswa.fkipur@gmail.com , dengan subject dan nama file NAMAKETUATIM_UNIVERSITAS_JUDUL
- Peserta yang sudah mengirimkan karya tulisnya harus mengkonfirmasi ke panitia via sms dengan format LKTIMahasiswa (spasi) Nama ketua kelompok (spasi) Universitas (spasi) Judul karya tulis ke nomor 082170342340 / 085767719697 (a.n Putri Flamonia)
- Serta melampirkan scan Kartu Tanda Mahasiswa beserta bukti pembayaran/tranfer
2. Peserta wajib mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran formulir dapat diunduh di https://docs.google.com/file/d/0B_vekGCN27uoWWtvaHRVV21qZUk/edit dan dikirimkan ke email badan.eksekutif.mahasiswa.fkipur@gmail.com paling lambat tanggal 13 Mei 2015
3. Biaya pendaftaran Rp. 50.000 per tim dan dapat ditransfer ke No rekening BNI 0275778725 (a.n Putri Flamonia)
4. Semua peserta lomba akan mendapatkan e-Sertifikat yang akan dikirim via email peserta
5. Naskah merupakan hasil karya sendiri dan belum pernah diikutsertakan atau memenagkan perlombaan fi tempat lain.
6. Setelah pengumpulan karya tulis akan diseleksi oleh juri dan dipilih 10 karya terbaik untuk dtahan Grand Final
7. Keputusan dewan juri mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
8. Ketentuan yang belum tercantum di atas akan diatur dikemudian hari.

Aturan Penulisan Karya Tulis Ilmiah
1. Naskah ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia ragam ilmiah yang berisi ide/gagasan bersifat inovatif .
2. Naskah ditulis maksimal 40 halaman (sudah termasuk hal, judul, daftar isi, pengesahan, abstrak, dan lain lain)
3. Naskah merupakan karya asli dan belum pernah memenangkan ataupun diikutsertakan perlombaan lain yang sejenis.
4. Naskah diketik rapi pada kertas HVS kuarto (A4) dengan jarak 1,5spasi, font size 12, huruf Times New Roman Style, dengan batas pengetikan: samping kiri 4cm, samping kanan 3 cm, batas atas 4 cm dan batas bawah 3 cm, batas pengetikan 2 cm pada bagian bawah.
5. Sistematika penulisan naskah karya tulis ilmiah sebagai berikut ini atau dapat diunduh di https://docs.google.com/file/d/0B_vekGCN27uoa2ljclRLYWRDSWc/edit:
a. Halaman judul
b. Lembar Pengesahan
c. Abstrak
e. Daftar isi
f. Daftar lain (Jika ada. Misal: Daftar Tabel, Daftar Grafik, Daftar Gambar dll)
g. Bab I Pendahuluan
h. Bab II Tinjauan Pustaka
i. Bab III Metode Penulisan
j. Bab IV Pembahasan
k. Bab V Penutup
l. Daftar Pustaka
m. Lampiran-lampiran (Biodata peserta, Scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku.)

Proses Seleksi
Proses seleksi LKTI dilaksanakan oleh tim penilai dan juri dengan tahapan sebagai berikut:
1. Tahap Seleksi Naskah
Seleksi Naskah karya Tulis, dalam tahapan ini akan akan dipilih 10 karya tulis terbaik untuk mengikuti tahap grand final. Pengumuman yang lolos tahap ini tanggal 15 Mei 2015
2. Tahap Grand Final
a. Peserta yang lolos ke tahap grand final akan ddiinformasikan melalui SMS, email, ataupun media sosial.
b. Grand final akan dilaksanakan pada tanggal 22-23 Mei 2015 di kampus Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau.
c. Peseta yang lolos menuju grand final wajib melakukan daftar ulang. Bagi peserta diluar Pekanbaru/Riau wajib membayar uang daftar ulang sebagai akomudasi selama acar. Biaya daftar ulang Rp. 300.000 per orang.
d. Peserta pada saat grand final, wajib hadir tepat waktu dan memakai pakaian resmi dan almamater.
e. Peserta mempresentasikan karya tulisnya dihadapan dewan juri, dengan alokasi waktu persentasi maksimal 10 menit dan tanya-jawab oleh dewan juri maksimal 20 menit.
f. Peserta yang tidak dapat hadir pada saat presentasi dianggap gugur sebagai finalis dan keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat

Tanggal Penting
Pendaftaran dan Penerimaan karya tulis : 1 April – 13 Mei April 2015
Tahap seleksi : 13-15 Mei 2015
Pengumuman 10 besar Finalis : 15 Mei 2015
Batas Pendaftaran Ulang : 21 Mei 2015
Technical Meeting : 21 Mei 2015
Grand final : 22-23 Mei 2015
Pengumuman Pemenang : 24 mei 2015
HADIAH PEMENANG
1. Juara 1 Mendapatkan : Tropi, Sertifikat, Uang Pembinaan
2. Juara 2 Mendapatkan : Tropi, Sertifikat, Uang Pembinaan
3. Juara 3 Mendapatkan : Tropi, Sertifikat, Uang Pembinaan
Total Hadiah Jutaan Rupiah

Layanan Informasi :
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi sekretariat BEM FKIP Universitas Riau : Kampus Bina Widya Km 12,5 Simpangbaru Panam-Pekanbaru
Contact Person :
* Putri Flamonia : 082170342340 / 085767719697

* Yana : 082385887280

2. Debat Pendidikan Nasional
Persyaratan peserta:
1.Peserta adalah mahasiswa jenjang D3/D4/S1 yang terdaftar sebagai mahasiswa aktif se-Indonesia dan dibuktikan oleh Kartu Identitas Mahasiswa.
2.Peserta berasal dari berbagai program studi yang berbeda atau program studi yang sama, tapi masih dalam satu Universitas
3.Peserta maksimal yang terdaftar sebagai peserta untuk mengikuti Kompetisi ini terdiri dari 32 tim.
4.Setiap tim terdiri dari 3 (tiga) orang mahasiswa yang telah memenuhi syarat.
5.Peserta wajib mengikuti seluruh proses pendaftaran dan pelaksanaan acara yang telah ditentukan oleh panitia.
Pendaftaran :
1.Pendaftaran dibuka pada tanggal 01 mei 2015 sampai dengan19 mei 2015.
2.Setiap Calon peserta debat wajib melengkapi persyaratan yang telah ditentukan. Yaitu sebagai berikut:
1.scan kartu tanda mahasiswa
2.foto bukti pembayaran/transfer.
3.mengisi formulir pendaftaran yang diunduh di website :
3.Semua berkas tersebut dikirim dalam softcopy dan dikirimkan ke alamat email panitia badan.eksekutif.mahasiswa.fkipur@gmail.com berkas paling lambat dikirimkan pada tanggal 19 Mei 2015 pukul 23.59.
4.Biaya pendaftaran sebesar Rp.200.000/tim (Dalam Pekanbaru) dan Rp.1.000.000/tim (Luar Pekanbaru, termasuk akomodasi, konsumsi, field trip) dibayarkan melalui rek. BNI 0275778725 (a.n Putri Flamonia)
5.Peserta wajib melakukan konfirmasi setelah mengirimkan berkas pendaftaran ke nomor panitia yang tercantum, dengan format sms : Nama Ketua_Nama Universitas
a) Dina 085272511181 / 087790359353
b) Dasman 082382560565
c) Putri 082170342340
6. Bukti Transfer digunakan saat daftar ulang peserta.
Link formulir pendaftaran :
https://docs.google.com/file/d/0B_vekGCN27uoVDAxbVJEQnhuRms/edit
Ketentuan Lomba :
https://docs.google.com/file/d/0B_vekGCN27uoVmFVNUc1VFRLcDQ/edit

3. Lomba Potret Pendidikan Nasional
Syarat dan ketentuan
1.             Peserta Umum se-Indonesia
2.             Hasil Foto dikirimkan dengan format JPG dengan ukuran maksimal 5 MB ke alamat email: badan.eksekutif.mahasiswa.fkipur@gmail.com menyertakan deskripsi dari foto dan mencantumkan identitas diri peserta
3.             Foto yang diikutsertakan merupakan foto pribadi ( bukan karya orang lain ) dan belum pernah diikut sertakan dalam lomba lain.
4.             Foto harus mengangkat segala sesuatu yang bertemakan “Realita Pendidikan Indonesia“
5.             Rekayasa digital di izinkan tetapi sebatas “cropping, saturasi, kontras”
6.             Tidak diperkenankan mengirimkan gambar berupa kombinasi lebih dari satu foto atau menghilangkan/menambahkan atau merubah elemen-elemen dalam satu foto.
7.             Foto tidak mengandung unsur provokasi SARA, pornografi, kekerasan.
8.             Menggunakan kamera jenis apapun
9.             Semua foto peserta lomba menjadi milik panitia dan panitia berhak menggunakan sebagai publikasi /yang lain tanpa meninta izin terlebih dahulu
10.         Waktu pelaksanaan : 7-20 mei 2015
11.         Pendaftaran gratis
Informasi: 
Fia desmasari
CP/WA : 082284108484

4. Pemilihan Duta Pendidikan FKIP UR
Tema
Generasi Berkualitas Berawal dari Pendidik Cerdas

Ketentuan peserta : 
1.      Peserta adalah mahasiswa/i FKIP UR semester II-semester VI
2.      Setiap hima wajib mengirimkan utusannya sepasang, yaitu satu orang laki-laki dan satu orang perempuan
3.      Setiap peserta melampirkan foto copy KTM satu lembar
4.      Setiap peserta wajib mengisi formulir yang telah disediakan panitia. Formulir bisa diambil di sekretariat BEM FKIP Universitas Riau.
5.   Setiap peserta wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp50.000 per orang.

Mekanisme lomba : 
1.      Peserta mengikuti TPA (Test Potensi Akademik) dan Psikotest
2.      Peserta wajib membuat dan mengumpulkan perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKS jika perlu, rubrik penilaian jika perlu dan kisi-kisi pengujian. Perangkat pembelajaran harus menarik.
3.      Akumulasi nilai TPA, psikotest dan perangkata pembelajaran akan dijadikan acuan pemilihan 10 besar menuju babak final.
4.      Peserta yang masuk ke babak final akan mengikuti proses micro teaching (teaching performance) sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah dikumpulkan dengan durasi maksimal 20 menit.
5.      Peserta wajib mengenakan pakaian yang mencerminkan karakter seorang guru.

Kriteria penilaian : 
1.      TPA (Test Potensi Akademik)
2.      Psikotest
3.      Perangkat Pembelajaran
4.      Teaching Performance
5.      Penampilan :
a)      Perempuan
Ø  Memakai jilbab bagi yang muslim
Ø  Memakai rok
Ø  Memakai baju yang sopan dan tidak membentuk badan sebagaimana seorang guru
Ø  Memakai sepatu
b)      Laki-laki
Ø  Memakai celana kain(bukan jeans)
Ø  Memakai pakaian yang sopan sebagaimana seorang guru
Ø  Memakai sepatu

Ketentuan lomba :
·         Proses penjurian bersifat tertutup dan tidak untuk dipublikasikan.
·         Keputusan penyelenggara bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat.
Contact Person : 085272996012(Idza Khoirun Nisa)

5. Lomba Cosplay Pendidikan
KETENTUAN PESERTA
v  Peserta adalah pelajar aktif (siswa/mahasiswa)se-pekanbaru berusia 16-25 tahun, dibuktikan dengan kartu pelajar/kartu mahasiswa.
v  Khusus untuk FKIP UR harus mengirim utusan minimal 1 orang setiap program study
v  Peserta wajib mengikuti proses pendaftaran dan pelaksanaan yang telah ditentukan oleh panitia.
v  Peserta terdiri dari individu L/P

MEKANISME PENDAFTARAN
1.      Pendaftaran dibuka pada tanggal 8 Mei 2015 sampai dengan 16 mai 2015 melalui sms dengan cara mengetik:  FC (spasi) cosplay (spasi) nama(spasi)asal
dikirim ke no 082385887280 ( yana nursita)
        Contoh : FC cosplay budi Kampar kirim ke 082385887280
2.      Biaya pendaftaran Rp. 10.000 per orang
3.      Biaya pendaftaran dibawa saat TM pada tanggal 17 mai 2015 jam 16.00 bertempat di AULA BEM FKIP UR
4.      Jika tidak mengikuti technical meeting maka akan dianggap mengundurkan diri atau GUGUR
5.      Tokoh dan nomor urut peserta ditentukan pada saat TM

MEKANISME  LOMBA
v  Peserta costplay akan ditampilkan secara acak
v  Durasi penampilan untuk peserta paling lama 10 menit
v  peserta boleh melakukan berbagai kreasi agar penampilannya menarik, namun semuanya ditanggung peserta.
v  Jika menggunakan musik maka format berbentuk MP3  dimasukkan ke dalam Flashdisk.
v  Peserta berkumpul 30 menit sebelum tampil sekaligus menyerahkan format lagu di tempat yang sudah disediakan panitia.
v  Pemanggilan peserta 3 kali, jika tiga kali tidak naik ke atas panggung maka dinyatakan gugur.
v  Pemenang akan diumumkan di akhir acara.

KRITERIA PENILAIAN:
v  Performance (40point) : interpretasi; cipta, nilai hiburan; tingkat kinerja.
v  Costume (25 point) :pelaksanaan produksi, kesetiaan pada bentuk karakter asli atau penambahan ide.Waktu yang diberikan adalah 10 menit. Terdiri dari presentasi oleh peserta lima menit dan peniruan gaya tokoh yang dibawaakan.
v  Kesetiaan pada karya asli (20 poin): Seberapa dekat performa dengan cerita asli dan karakter; berapa banyak rasa hormat yang ditunjukkan terhadap karya asli.
v  Tema tahun ini (15 poin): Seberapa dekat performa panggung merefleksikan tema tahun ini.

Tokoh-tokoh yang akan ditampilkan :
1.      Habibi
2.      Budi utomo
3.      Kh. Dewantoro
4.      Albert enstein
5.      R.A kartini

Hadiah :
Juara 1 : trophy  dan sertifikat
Juara 2 : trophy dan sertifikat
Juara 3 : trophy dan sertifikat

6. Lomba Lagu POP
Ketentuan dan Syarat Perlombaan Lagu Pop :
1.      Peserta lomba lagu pop adalah umum, dengan rentang umur 16-25 tahun
2.      Peserta harus menunjukkan kartu identitas berupa KTP/Kartu Pelajar dsb.
3.      Peserta membawakan sebuah lagu yang telah ditetapkan panitia
4.      Pemenang lomba lagu pop terdiri dari pemenang Putra dan Putri
5.      Peserta berpakaian rapi dan sopan
6.      Pengambilan nada saat Technical Meeting ( TM)
7.      Pendaftaran dibuka mulai tanggal 06-19 Mei 2015
8.      Pendaftaran berupa SMS dengan format:
(NAMA_UMUR_JUDUL LAGU) Kirim ke 0852-7128-8590/0859-3998-8859
9.      Uang pendaftaran Rp.30.000, Dibayar selambatnya tanggal 19 Mei 2015
10.  Kuota Pendaftaran Dibatasi Sebanyak 150 Orang

Lagu yang Diperlombakan :
1.      Mengejar Matahari                (Arie Lasso)
2.      Bendera                                  (Coklat)
3.      Laskar pelangi                         (Nidji)
4.      Mimpi                                     (Anggun)
5.      Dealova                                   (Once)
6.      Aku Pasti Bisa                          (Citra Skolastika)
7.      Simponi yang Indah                (Once)
8.      Muda                                       ( Agnes Monica)
9.      Esokkan Bahagia                     ( D’Masiv)
10.  Rumah Kita                             (God Bless)
11.  Garuda Didadaku                    (Netral)
12.  Bintang Kehidupan                  (Nike Ardila)
13.  Diatas awan                            (Nidji)
14.  Indonesia Jaya                         (Citra skolastika)
15.  Jangan Menyerah                   (D’Masiv)
16.  Aku Bahagia                            (Citra Skolastika)
   Contact Person:  082388163517/085271288590/085939988859

77. Lomba Masak 
Tema
Ciri khas kuliner dari salah satu kabupaten di Riau

Ketentuan peserta : 
1.      Peserta adalah grup yang terdiri dari 5 orang
2.      Salah satu dari 3 petinggi HIMA (Bupati, Sekum, Bendum) wajib menjadi peserta

Mekanisme lomba : 
1.      Tema masakan berdasarkan undian kabupaten yang diperoleh
2.      Peserta dibebaskan untuk memilih jenis kuliner yang ada di kabupaten tersebut
3.      Anggaran masak maksimal Rp 100.000 dibuktikan dengan kwitansi
4.      Peserta diminta untuk membuat nama hidangan sekaligus tema masakan
5.      Peserta dipersilakan untuk berkreasi semenarik dan sekreatif mungkin dalam menghidangkan masakan
6.      Waktu masak 120 menit
7.      Peserta diminta mempresentasikan hasil masakan maksimal 3 menit setelah hidangan selesai

Kriteria penilaian : 
1.      Cita rasa
2.      Kreativitas
3.      Presentasi
4.      Kesesuaian hidangan dengan tema
5.      Kesesuaian dengan syarat-syarat yang berlaku dalam ketentuan perlombaan

Ketentuan lomba :
·         Proses penjurian bersifat tertutup dan tidak untuk dipublikasikan.
·         Keputusan penyelenggara bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat.
Contact Person : 085263788959 (Dasni Elsa)

8. Ranking 1
KETENTUAN PESERTA :
1.      Peserta terbuka untuk umum dan rekomendasi dari masing-masing HIMAPRODI FKIP UR
2.      Peserta perorangan, setiap prodi dapat mengirim lebih dari satu peserta (sesuai rekomendasi dari masing-masing hima )
3.      Jumlah peserta tidak terbatas
4.      Peserta membayar uang kontribusi : Rp. 5.000/orang
5.      Waktu pendaftaran : 9 – 19 Mei 2015
6.      Waktu perlombaan : Minggu, 24 Mei 2015 pukul 08.00 wib s/d selesai
7.      Peserta hadir 15 menit sebelum lomba dimulai
8.      Peserta menempati tempat duduk sesuai dengann nomor peserta
9.      Tidak diperkenankan membawa buku catatan,kamus,kalkulator atau alat bantu lainnya
10.  Alat tulis dan perlengkapan lomba disediakan oleh panitia
11.  Setiap peserta tidak boleh melakukan kecurangan
12.  Setiap peserta tidak boleh memberikan jawaban atau menerima jawaban dari peserta lain
13.  Bersikap sportif dan dapat menerima hasil keputusan panitia dengan lapang dada
14.  Hasil keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat

Sistem perlombaan :
1.        Pada perlombaan Rangking 1 terdiri dari 3 babak, yaitu :
·       Babak 1 (KUIS)
·       Babak 2 (UTS)
·       Babak 3 (UAS)
2.        Pada akhir perlombaan hanya ada satu pemenang yang akan masuk pada Babak Bonus
3.        Pada Babak Bonus terdiri dari 10 soal. Setiap soal yang benar bernilai uang dan hadiah.

Teknis Perlombaan :
1.        Soal dibacakan oleh pembaca soal. Setelah soal dibaca, peserta Rangking 1 wajib mengangkat jawaban A atau B (yang dianggap benar) setelah perintah dari pembaca soal.
2.        Bagi peserta yang menjawab salah, maka peserta tersebut dinyatakan gugur dan wajib meninggalkan area perlombaan.
3.        Perlombaan berlangsung hingga tersisa satu orang yang akan masuk ke Babak Bonus.
4.        Pada Babak Bonus terdiri dari 10 soal. Setiap soal yang benar bernilai uang.  Pada soal ke-5 dan ke-10 bila dijawab benar, maka peserta diberi kesempatan untuk memilih hadiah yang terdapat di dalam kotak keberuntungan.
Contact Person : 081268803633 (Monica Ayu)

9. Lomba Stan Hima Terbaik dan Terfavorite
1.         Stand Terbaik dan Stand Terfavorit
a.    Setiap Hima hanya diberikan satu stand yang akan ditentukan pada saat technical meeting dengan cara diundi
b.    Stand harus selesai pada hari H
c.     Tema stand harus sesuai dengan tema FKIP Celebration, yaitu “Pendidikan dan Seni Membangun Bumi Pertiwi”
d.   Stand dibuka pukul 08.00 dan ditutup pukul 16.30
e.    Isi stand harus karya sendiri dan harus ada minimal satu media pembelajaran sesuai dengan prodi masing-masing yang bisa dipresentasikan kepada pengunjung
f.     Panitia akan memberikan waktu untuk presentasi satu media pembelajaran dari masing-masing prodi di atas panggung dengan waktu maksimal 15 menit.
g.    Setiap stand harus memasang bendera Himanya di depan standnya masing-masing
h.    Setiap stand harus menyediakan buku tamu
i.      Menampilkan kreatifitas mahasiswa, konsep, dan ciri khas Himanya
j.      Setiap Hima wajib menampilkan hasil karya/ ciri khas dari Himanya
k.    Hima harus bertanggungjawab terhadap seluruh barang di stand masing-masing. Panitia tidak bertanggungjawab atas kehilangan atau kerusakan properti stand
l.      Stand harus dijaga oleh minimal 5 orang
m.  Tidak diperkenankan melebarkan ukuran stand yang telah ditentukan panitia

2.         Kriteria Penilaian:
a.    Isi stand dan pameran
b.    Presentasi media pembelajaran dan presentasi stand secara keseluruhan
c.    Kebersihan selama pelaksanaan kegiatan
d.    Hiasan stand
e.    Hasil karya dari Hima
f.     Keserasian dengan Hima
g.    Menampilkan ciri khas prodinya dan memiliki produk pembelajaran yang bisa dijual/ hasil karya dari Hima
h.    Buku pengunjung

3.      Tim Penilai
1.      Stand terbaik akan dinilai oleh tiga orang juri yang terdiri dari 2 kepala dinas BEM FKIP dan 1 orang dosen.
2.      Untuk kategori stand terfavorit dipilih berdasarkan yang paling banyak pengunjung, dibuktikan dengan buku tamu.

Hadiah :   1. Stand terbaik                       : Tropi dan sertifikat
2.   Stand terfavorit                  : Tropi dan sertifikat
Contact Person :
Gusti : 083162032248 , Desta : 082394496109







Tidak ada komentar:

Posting Komentar